Cara Flashing Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G Indonesia

Samsung Galaxy J2 Prime diperkenalkan pada November 2016. Menggunakan teknologi layar TFT dengan ukuran 5.0 inch 16M color dengan resolusi layar 540 x 960 pixel. Dari sisi konektivitas, Samsung Galaxy J2 Prime sudah mendukung jaringan 4G. Untuk sistem operasi Galaxy J2 Prime menggunakan Android 6.0 (Marshmallow) didukung dengan chipset Mediatek MT6737T Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53.

Flashing Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G Indonesia

Samsung Galaxy J2 Prime bisa dibilang ponsel buatan Samsung yang lumayan diminati di tanah air untuk harga ponsel di bawah 1,5 juta. Seperti kebanyakan hanphone android pada umumnya, Samsung Galasy J2 Prime juga tidak luput dari masalah. Untuk beberapa masalah yang biasanya terjadi pada pengguna Galaxy J2 Prime misalnya:

  • Samsung Galaxy J2 Prime lupa password
  • Samsung Galaxy J2 Prime lupa pola
  • Samsung Galaxy J2 Prime Bootloop
  • Samsung Galaxy J2 Prime sering restart sendiri
  • Samsung Galaxy J2 Prime softbrick

Untuk mengatasi beberapa masalah di atas, hal pertama yang perlu sobat lakukan adalah melakukan hard reset/factory setting. Jika ketika sudah melakukan hard reset Samsung Galaxy J2 Prime tapi masih tidak ada perkembangan, langkah terakhir yang perlu sobat lakukan adalah melakukan proses flashing Samsung Galaxy J2 Prime.

Seperti yang kita ketahui, flashing firmware pada Samsung Galaxy J2 Prime adalah proses memasukkan firmware baru yang masih fresh dan mengganti firmware lama yang ada pada perangkat. Secara otomatis proses flashing firmware ini akan menghapus semua data yang ada pada perangkat. Untuk itulah sebelum melakukan proses flashing pada Galaxy J2 Prime, ada baiknya sobat mencadangkan terlebih dahulu data-data penting yang ada pada perangkat.

Ketika proses flashing selesai, maka Samsung Galaxy J2 Prime kondisinya akan kembali seperti baru seperti pas awal beli. Jika sobat berminat untuk melakukan flashing Galalxy J2 Prime, kali ini saya akan berbagi tips bagaimana cara flashing Samsung Galaxy J2 Prime.

Deskripsi Firmware
Model SM-G532G
Model name Galaxy J2 Prime
Country Indonesia (XID)
Version Android 6.0.1
Changelist 12327063
Build date Thursday, 21 September 2017
Security Patch Level 2017-08-01
Product code XID
PDA G532GDXU1AQI2
CSC G532GOLE1AQI2
File size 1.39 GB

Download Bahan Flashing Galaxy J2 Prime


Cara Flashing Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G

  1. Ekstrak file firmware Galaxy J2 Prime yang telah Sobat download menggunakan WinZip atau WinRar.
  2. Ekstrak file Odin yang telah Sobat download kemudian klik kanan pilih Run as administrator
  3. Pastikan perangkat tidak tersambung ke PC atau Laptop.
  4. Reboot Galaxy J2 Prime ke mode download dengan cara tekan dan tahan tombol Power off + Volume down + Home secara bersamaan, jangan lepaskan sampai layar perangkat muncul peringatan. Kemudian tekan tombol Volume up untuk masuk ke mode download.
  5. Peringatan:
    Samsung Kies tidak kompatibel dengan Odin tool. Pastikan terlebih dahulu sobat meng-uninstall Samsung Kies sebelum menggunakan ODIN Tool.
  6. Sambungkan perangkat ke komputer menggunakan kabel USB
  7. Tunggu sampai ODIN Tool mendeteksi perangkat Sobat. Jika perangkat sobat sudah dikenali ODIN, maka port ID:COM akan menyala
  8. Peringatan:
    Sobat tidak akan bisa melanjutkan proses flashing jika port ID:COM tidak menyala. Tanda port tersebut menyala adalah bahwa ODIN sudah mengenali perangakat sobat dan perangkat sudah tersamung ke PC dengan baik.

    Jika Sobat tidak mendapati port tersebut menyala, hapus dan install ulang driver samsungnya dan pastikan bahwa kabel USB yang Sobat gunakan adalah original Samsung.
  9. Setelah perangkat tersambung dengan baik, masukkan file firmware dengan cara meng-klik tab tombol AP di ODIN Toll kemudian pilih file dengan awalan AP yang berekstensi .tar.md5.
  10. Normalnya, sobat akan mendapati satu file yang berekstensi .tar.md5, akan tetapi jika sobat mendapatkan lebih dari file yang berkekstensi .tar.md5, maka yang perlu Sobat lakukan adalah memasukkan file-file tersebut sesuai dengan awalannya, seperti pada gambar berikut.

  11. Flashing Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G Indonesia

  12. Selanjutnya klik tab menu Option, pastikan bahwa Re-partition TIDAK TERCENTANG. Atau lebih gampangnya, Sobat bisa mencocokkan settingannya seperti pada gambar berikut.

  13. Flashing Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G Indonesia

  14. Sebelum lanjut ke langkah terakhir, pastikan semuanya sudah sesuai dengan yang saya sebutkan di atas. Jika sudah yakin, Sobat bisa mengklik tombol START untuk memulai proses flashing Galaxy J2 Prime. Tunggu sampai proses flashing selesai. Sobat akan mendapati pesan PASS berwarna hijau jika proses flashing telah selesai dan berjalan dengan lancar.

Demikian tutorial flashing samsung galaxy j2 prime indonesia. Semoga bermanfaat bagi sobat yang ingin secara mandiri memperbaiki galaxy j2 prime dengan metode flashing firmware.

0 Response to "Cara Flashing Samsung Galaxy J2 Prime SM-G532G Indonesia"

Post a Comment

Silahkan berdiskusi melalui formulir komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel