Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Pernahkan Sobat merasa bahwa ponsel yang sedang Sobat gunakan tiba-tiba cepat panas padahal biasanya normal-normal saja? Jika pernah, mungkin tips yang akan saya bagikan berikut bisa Sobat pakai untuk mengatasi ponsel yang tiba-tiba cepat panas. Namun sebelum itu, kita cari tahu dulu penyebab ponsel cepat panas.

Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Cara Mengatasinya

Bermain Game

Bermain game dalam waktu yang lama bisa menyebabkan ponsel cepat panas. Apalagi jika game yang sedang dimainkan adalah game online yang sudah pasti membuat prosesor ponsel bekerja maksimal. Solusinya adalah jangan bermain game secara berlebihan terlebih jika game yang sedang sobat mainkan adalah game online. Berhentilah bermain game jika dirasa ponsel sudah terasa agak panas. Panas yang berlebihan adalah salah satu penyebab kenapa ponsel cepat rusak.


Layar Yang Terlalu Sensitif

Layar ponsel yang terlalu sensitif bisa menjadi penyebab kenapa ponsel cepat panas terlebih jika ponsel tidak kita kuci. Misalnya ketika ponsel kita masukkan ke kantong, kemudian tanpa sengaja tersentuh dan kemudian layar aktif. Dan kejadian tersebut terjadi berulang-ulang, sudah pasti ponsel akan cepat terasa panas.

Baca juga :

Untuk mengatasi hal ini, alangkah baiknya layar dipasangi pelindung layar atau tempered glass untuk mengurangi sensitivitas layar. Dan juga aktifkan kunci layar otomatis, sehingga ketika ponsel di masukkan ke kantong dan lupa dikunci, maka ponsel akan otomatis terkunci dan tidak aktif meski disentuh.

Penggunaan Kamera

Penggunaan kamera yang cukup lama bisa juga menyebabkan ponsel cepat panas. Misalnya ketika kita sedang merekam video dalam waktu yang lama dan terus menerus. Tentunya hal itu akan membuat ponsel kita cepat panas. Apalagi jika dalam proses merekam video menggunakan lampu flash, sudah pasti ponsel akan cepat panas.

Solusinya adalah ketika menggunakan kamera untuk melakukan proses merekam, sebaiknya buat jeda beberapa menit jangan terus menerus. Istirahatkan ponsel untuk mendinginkan suhu ponsel.


Jaringan Yang Tidak Stabil

Jaringan yang tidak stabil bisa menyebabkan ponsel cepat panas. Khususnya ketika kita berada di daerah yang signalnya buruk alias naik turun. Sudah pasti akan membuat ponsel cepat panas dan juga membuat battery ponsel cepat habis.

Untuk mengatasi hal ini, cukup matikan jaringan dengan cara mengaktifkan mode pesawat. Gunakan jaringan seperlunya saja supaya ponsel tidak cepat panas.

Software Yang Tidak Stabil

Software yang belum stabil atau masih dalam versi beta bisa juga menjadi penyebab kenapa ponsel cepat panas. Karena bisa jadi ada aplikasi yang crash sehingga membuat kinerja proses menjadi berlebihan dan ujung-ujungnya ponsel panas. Solusinya adalah dengan merestart ponsel atau bila perlu downgrade ke firmware yang lebih stabil.

0 Response to "Penyebab Ponsel Cepat Panas dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silahkan berdiskusi melalui formulir komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel