Cara Cek IMEI Smartphone Resmi atau Ilegal di Kemenperin

Seperti yang telah kita ketahui pada Agustuas 2019 nanti, Kominfo (Kementerian Komunikasi dan Informatika) berencana memberlakukan aturan khusus tentang nomor IMEI pada setiap ponsel. Hal ini dimaksudkan untuk mencegah perdagangan ponsel curian atau ilegal.

Jika aturan IMEI ini berlaku, ponsel dengan nomor IMEI tidak resmi bisa diblokir dari layanan seluruh operator di Indonesia. Dengan demikian, ponsel dengan nomor IMEI ilegal tersebut tidak akan bisa digunakan meskipun sudah berganti SIM card.

Cara cek status IMEI ponsel di kemenperin

Apa itu nomor IMEI? IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah nomor identitas untuk tiap slot kartu GSM yang dikeluarkan oleh tiap-tiap produsen ponsel. Ponsel yang memiliki dua slot SIM card juga akan memiliki dua nomor IMEI.

Lantas bagaimana cara mengetahui nomor IMEI pada ponsel yang sedang kita gunakan? Caranya cukup sederhana, kita cukup menekan tombol *#06# maka nomor IMEI ponsel akan muncul. Cara ini adalah cara standard untuk menampilkan nomor IMEI di smartphone entah itu smartphone merk Samsung, iPhone, Xiaomi, Huawei, OPPO, VIVO dan masih banyak lagi.

Cara berikutnya untuk menampilkan nomor IMEI di smartphone adalah dengan melihat langsung di bagian menu About Phone atau Tentang Ponsel pada setiap smartphone. Caranya , masuk ke menu Setting › System › About Phone. Nantinya akan muncul halaman yang berisi tentang informasi model, build number, versi Android, IMEI, dan lain-lain.

Cara lain untuk mengecek nomor IMEI adalah dengan mengecek pada box -nya langsung. Biasanya pada box penjualan ini terdapat informasi tentang nomor IMEI dan Serial Number.

Selanjutnya apa yang kita lakukan dengan nomor IMEI tersebut? Setelah nomor IMEI berhasil di cek, langkah selanjutnya adalah dengan mengecek nomor IMEI ke situs Kemenperin (Kementrian Perindustrian) untuk memastikan apakah ponsel yang kita gunakan saat ini resmi atau tidak. Bagaimana caranya? Berikut cara mengecek nomor IMEI ponsel di Kementrian Perindustrian.

Cara Cek IMEI Ponsel Di Kemenperin


Cek IMEI resmi online di kemenperin

Kunjungi situs http://kemenperin.go.id/imei/, kemudian masukkan nomor IMEI ponsel. Jika nomor IMEI terdaftar di Kemenperin, nantinya akan muncul informasi nomor IMEI, perusahaan pembuat, merk ponsel dan model ponsel. Sebaliknya, jika IMEI belum terdaftar di Kemenperin, akan muncul halaman yang menerangkan bahwa nomor IMEI tersebut tidak ada di dalam database Kemenperin.

Untuk saat ini, halaman khusus untuk pengecekan nomor IMEI di situs Kemenperin masih dalam perbaikan. Semoga lekas selesai, dan berfungsi sebagaimana mestinya. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel