Cara Upgrade Lenovo A6000 ke Android Lollipop (Official)

Chid-Oz Blog - Lenovo telah merilis upgrade OTA Android Lollipop untuk Smartphone Lenovo A6000 maupun Lenovo A6000 Plus. Untuk mendapatkan upgrade tersebut, Anda bisa mengeceknya di menu System update perangkat Anda.

Upgrade Lenovo A6000 Kitkat ke Lollipop

Pada artikel ini saya akan berbagi trik tentang cara mengupgrade Lenovo A6000 dari Android Kitkat ke Android Lollipop menggunakan cara manual. Kenapa menggunakan cara manual? Karena menurut saya pribadi upgrade manual lebih terjamin tingkat keberhasilannya jika dibandingkan dengan upgrade via OTA.

Konsep dari upgrade manual ini adalah mendownload file Stock ROM terlebih dahulu kemudian menginstallnya secara manual melalui Stock Recovery. Berbeda dengan upgrade via OTA yang mengharuskan kita untuk mendownload file langsung melalui perangkat dan secara otomatis akan terinstall jika file sudah selesai di download. Namun jika dalam proses download kondisi jaringan tidak stabil, bisa dipastikan file akan korup dan akan berakibat buruk pada perangkat.

Persiapan Upgrade Lenovo A6000

Sebelum melanjutkan ke proses upgrade, beberapa hal yang harus Anda persiapkan diantaranya adalah file stock rom Lollipop original yang bisa Anda download pada halaman ini. Copy dan letakkan file tersebut pada memory external (SD Card). Pastikan bahwa kapasitas battery di atas 50%. Jangan sampai ketika proses upgrade sedang berjalan tiba-tiba perangkat mati karena kehabisan daya. Dan yang lebih penting lagi, proses upgrade ini akan menghapus data yang tersimpan pada memory internal perangkat. Jadi pastikan Anda telah membuat salinan data-data penting yang tersimpan pada memory internal, misalnya kontak, foto, dan sebagainya.

Proses Eksekusi

Matikan perangkat Anda kemudian masuk ke recovery mode dengan cara menekan dan menahan tombol volume up, volume down, dan tombol power secara bersama-sama. Pada tampilan menu recovery mode pilih menu wipe data/factory reset. Ingat, tindakan ini akan menghapus data di internal memory jadi pastikan bahwa Anda telah membuat cadangan data-data yang Anda anggap penting. Kemudian lanjutkan dengan memilih menu wipe cache partition untuk menghapus data partisi pada perangkat. Selanjutnya pilih menu apply update from sd card. Arahkan ke file stock rom Lollipop pada SD Card kemudian tekan tombol power untuk mengeksekusi.

Proses upgrade Lenovo A6000 ini akan memakan waktu kurang lebih sekitar 5 menit. Selama waktu menunggu, jangan melakukan tindakan apapun pada perangkat supaya proses upgrade tidak terganggu. Jika proses upgrade telah selesai, dan Anda mendapatkan peringatan Error 14, jangan khawatir karena itu adalah tanda bahwa proses upgrade ke Lollipop telah berhasil. Selanjutnya restart perangkat Anda.

Sekedar tambahan bahwa setelah perangkat berhasil diupgrade ke Android Lollipop, perangkat akan terasa lamban ketika digunakan. Untuk mengatasi hal tersebut, restart perangkat kemudian upgrade beberapa aplikasi pada Play Store.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel