Tips Memilih MicroSD Yang Tepat Untuk HP Android

Untuk menambah ruang penyimpanan di handphone, kita bisa memilih beberapa opsi. Pertama menggunakan layanan penyimpanan online seperti Google Drive, Mi Cloud, iCloud, dan semacamnya, atau menggunakan cara yang lebih sederhana yaitu menambahkan kartu memori eksternal yang biasa kita sebut MicroSD.

Tips Memilih MicroSD Yang Tepat Untuk HP Android

Untuk saat ini penggunaan MicroSD card lebih populer jika dibandingkan dengan layanan penyimpanan data online. Sehingga banyak sekali merek-merek MicroSD card yang di jual di pasaran. Mulai dari yang lebih murah sampai dengan yang mahal. Namun kita sebagai konsumen juga harus jeli ketika membeli MicroSD. Jangan sampai penggunaan MicroSD yang tidak tepat malah membuat performa handphone kita menjadi lambat bahkan rusak.

Tips Memilih MicroSD Yang Tepat

Sebelum membeli MicroSD, pastikan kita tahu pada perangkat apa nantinya MicroSD tersebut akan digunakan. Karena jika kita salah membeli tipe MicroSD, tentunya selain kinerjanya tidak maksimal juga akan menjadi hal yang sia-sia. Beberapa hal berikut mungkin bisa jadi pertimbangan sebelum membeli MicroSD card.

Paham Akan Performa Perangkat

Pastikan bahwa kita sudah paham betul akan spesifikasi handphone yang akan kita upgrade ruang peyimpanannya. Mulai dari kecepatan prosesor, jenis prosesor yang di gunakan, dan spesifikasi lainnya. Karena hal tersebut nantinya akan berpengaruh terhadap kecepatan baca dan tulis pada MicroSD.

Jangan menggunakan MicroSD kelas rendah pada handphone dengan spesifikasi tinggi. Selain akan merusak merusak handphone juga akan merusak MicroSD itu sendiri. Karena ketidakseimbangan antara performa perangkat dengan kualitas baca dan tulis pada MicroSD.

Pilih Kapasitas Penyimpanan Sesuai Kebutuhan

Hal penting lainnya adalah memilih kapasitas MicroSD sesuai dengan kebutuhan. Jangan menyimpan file secara berlebihan pada MicroSD. Alangkah lebih bijak jika secara berkala file-file pada MicroSD kita backup ke harddisk supaya ruang penyimpanan MicroSD terasa lebih longgar karena file telah berkurang. Jika kita paksakan menyimpan file sampai penuh ke MicroSD, hal tersebut akan membuat handphone menjadi lambat karena banyaknya file yang harus di baca. Jika kita biarkan, lambat laun handphone akan semakin lambat performanya dan pada akhirnya akan rusak.

Pilih MicroSD Yang Berkualitas

Selalu gunakan barang yang berkualitas baik. Jangan membeli MicroSD dengan iming-iming harga yang murah. Pertimbangkan juga kualitas dari MicroSD itu sendiri. Mulai dari kecepatan tulis dan juga kecepatan baca-nya. Untuk saat ini MicroSD dengan kualitas standard adalah Sandisk. Meskipun sudah lama saya tidak menggunakan merk Sandisk karena berpindah ke Samsung Evo biar serasi sama handphone nya, namun Sandisk adalah opsi pertama yang saya tawarkan ketika ada teman yang ingin membeli MicroSD.

Kesimpulannya, gunakanlah MicroSD yang berkualitas baik dan jangan terpancing dengan harga yang murah. Bijaklah ketika memilih kapasitas penyimpanan MicroSD, sesuaikan dengan spesifikasi handphone yang digunakan. Dan terakhir jangan berlebihan dalam menyimpan file di MicroSD, sisakan minimal 10% dari total kapasitas MicroSD.

0 Response to "Tips Memilih MicroSD Yang Tepat Untuk HP Android"

Post a Comment

Silahkan berdiskusi melalui formulir komentar di bawah ini.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel