Cara Menginstall TWRP 2.8.6.1 (Kitkat) di Lenovo A6000/A6000 Plus

Chidoz Blog - Salah satu cara yang memudahkan kita untuk menginstall file flashable zip misalnya font, custom rom, stock rom, dan lain-lain adalah dengan cara menginstall custom recovery, salah satunya yang saat ini paling sering digunakan adalah TWRP Recovery. Kenapa harus custom recovery? Karena seperti yang sudah kita ketahui bahwa stock recovery atau recovery bawaan pabrik tidak memiliki menu untuk menginstall file flashable zip.

Cara Menginstall TWRP 2.8.6.1 (Kitkat) di Lenovo A6000


Untuk menginstall TWRP recovery ini memang harus sangat hati-hati, khususnya dalam memilih file TWRP itu sendiri. Karena tidak semua versi TWRP cocok dengan perangkat yang kita gunakan, khususnya untuk Lenovo A6000 atau A6000 Plus. Untuk itulah sangat saya sarankan sebelum benar-benar menginstall file twrp recovery alangkah baiknya di hotboot dulu atau biasanya di sebut install twrp non permanen (sementara) jadi ketika perangkat selesai di restart TWRP recovery-nya akan hilang, karena pada dasarnya TWRP recovery-nya tidak di flash melainkan cuma di boot (dijalankan).

Ketika memilih file TWRP recovery, sebelumnya kita harus tahu sistem operasi perangkat kita menggunakan sistem operasi android versi yang mana. Karena saat ini untuk Lenovo A6000 ada beberapa versi TWRP yang sudah dibuat oleh developer, salah satunya oleh SevenMaxs. Dan kali ini saya akan berbagi pengalaman cara menginstall TWRP Recovery Kitkat versi 2.8.6.1 yang dikembangkan oleh SevenMaxs member dari lenovo-forum.ru.

Syarat Sebelum Menginstall TWRP Kitkat di Lenovo A6000



Cara Install TWRP Kitkat di Lenovo A6000/A600 Plus

  1. Copy file twrp hasil ekstrak yang berkesktensi img (recovery.img) ke folder installasi Minimal ADB and Fastboot Tool

    Windows (x86): C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot
    Windows (x64): C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot

  2. Matikan Lenovo A6000/A6000 Plus sobat kemudian masuk ke mode bootloader dengan menekan dan menahan tombol volume bawah dan tombol power secara bersamaan kemudian lepaskan jika perangkat sudah terasa bergetar
  3. Sambungkan Lenovo A6000/A6000 Sobat menggunakan kabel USB (pastikan sobat sudah menginstall Lenovo A6000 Driver)
  4. Buka folder installasi Minimal ADB and Fastboot Tool

    Windows (x86): C:\Program Files\Minimal ADB and Fastboot
    Windows (x64): C:\Program Files (x86)\Minimal ADB and Fastboot

  5. Tekan dan tahan tombol SHIFT kemudian klik kanan pada area kosong, kemudian pilih menu Open command window here
  6. Akan muncul jendela Command Prompt, ketik perintah berikut untuk memastikan apakah perangkat sudah tersambung dengan dengan benar
  7. fastboot devices
  8. Kemudian ketikkan perintah berikut untuk memulai flashing TWRP Recovery
  9. fastboot flash recovery recovery.img
  10. Tunggu sampai proses flashing TWRP selesai. Jika sudah selesai ketikkan perintah berikut untuk merestart perangkat
  11. fastboot reboot

Sampai di sini proses flashing TWRP recovery Kitkat di Lenovo A6000/A6000 Plus sudah selesai. Jika ada yang ingin di tambahkan, silahkan sobat menuliskannya di kolom komentar yang sudah tersedia di blog ini. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel